Klakah Festival Community, Bangkitkan Perekonomian Setelah Pandemi
10 September 2022 | Dilihat 150 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Semangat menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 masih terasa di berbagai wilayah Kabupaten Lumajang. Kegiatan agustusan seperti halnya pawai budaya dan karnaval masih bisa disaksikan hingga memasuki Bulan September.

Setelah beberapa tahun sempat vakum, Klakah Festival Community (KFC) kembali digelar tahun ini. Karnaval yang diikuti oleh perwakilan SMA/MA sederajat dan masyarakat umum itu diselenggarakan di Desa Mlawang, Kecamatan Klakah, Sabtu (10/9/2022).

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan karnaval atau pawai budaya memang sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari peringatan HUT Kemerdekaan RI. Apalagi, sejak pandemi melanda, kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ditiadakan.

Namun, tahun ini berbagai daerah di Kabupaten Lumajang bergantian menggelar kegiatan karnaval dan pawai budaya untuk mengobati kerinduan pada kegiatan hiburan rakyat.

"Sekarang sudah mulai dimana-mana ada karnaval, ada kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan, setalah vakum karena pandemi kemarin," katanya.

Bunda Indah juga mengaku senang dengan penyelenggaraan kegiatan karnaval dan pawai budaya. Menurutnya, kegiatan tersebut mampu mendorong perekonomian masyarakat pasca pandemi.

"Saya senang karena ini termasuk pemulihan ekonomi, pedagang, pemilik sound sistem, persewaan baju, make up dan lainnya bisa mendapat manfaatnya," terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Salam mengungkapkan, bahwa sedikitnya ada 38 peserta yang merupakan perwakilan SMA/MA dan beberapa wilayah di Kecamatan Klakah.

Dirinya berharap kegiataan tersebut mampu membangkitkan semangat generasi muda dalam memupuk jiwa nasionalis dan cinta budaya Indonesia.

"Ini semangat, membangun semangat generasi millenial dengan melestarikan budaya Indonesia," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan