Longsor Terjadi di Piket Nol Lumajang, Warga Diminta Tetap Waspada
11 September 2022 | Dilihat 127 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Tanah longsor setinggi 4 meter terjadi di KM 58 Piket Nol Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Minggu (11/9/2022). Diduga longsoran tersebut terjadi akibat dari Cuaca ekstrim.

Diketahui hujan intesitas sedang hingga deras di wilayah Kecamatan Candipuro, Pronojiwo dan Tempursari sejak Sabtu (10/9/2022) kemarin sore.

Sutikno salah satu pegawai proyek jembatan gladak perak mengatakan, bahwa longsoran material tersebut terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Saat itu, dirinya sedang melakukan pengecekan jalan ke arah Supiturang dan melihat longsoran matrial tanah dan batu serta pohon tumbang.

"Ada pohon tumbang juga jenis Bulupek dengan di KM 58 Piket Nol, tepatnya diutara decker (tembok penahan tanah)," katanya.

Akibatnya, jalan nasional penghubung Lumajang - Malang melalui Pronojiwo ditutup total sebelum adanya pembersihan. Karena jalan tidak bisa dilewati sama sekali.

Kemudian, Sutikno melaporkan kejadian tersebut ke Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang melalui sambungan WAG PB Lumajang.

Satu regu Tim BPBD Kabupaten Lumajang yang tiba dilokasi longsor dan pohon tumbang langsung melakukan pembersihan manual bersama pengendara motor dan sejumlah warga yang sedang melintas di area Piket nol. Tidak lama berselang, alat berat jenis Exavator milik Hutama Karya juga dilibatkan dalam upaya melakukan pembersihan.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang mengatakan, bahwa arus lalu lintas sudah mulai dibuka kembali sekitar pukul 13.10 WIB. Namun, masyarakat yang melalui jalur tersebut diminta tetap waspada dan berhati-hati karena potensi hujan masih terus terjadi.

"Pukul 13.10 WIB, proses pembersihan material longsoran dan pohon tumbang di KM 58 piket nol selesai dan arus lalu lintas Lumajang - Malang kembali lancar," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan