Festival Ketan akan Jadi Event Tahunan di Desa Darungan
25 September 2022 | Dilihat 220 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menyampaikan, bahwa Festival ketan nantinya akan dijadikan event tahunan di Kabupaten Lumajang dari Desa Darungan.

"Dari penyampaian pak kepala desa bahwa event ini akan diadakan setiap tahun serta tentu kegiatan ini juga akan menjadi agenda rutin, dari salah satu kegiatan-kegiatan budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Lumajang," ungkap dia saat memberikan sambutan dalam acara Festival Ketan, di Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun, Minggu (25/9/2022).

Bupati juga menyampaikan, bahwa basis petani ketan di Lumajang ada di Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun, oleh sebab itu Pemdes setempat berinisiasi mengadakan sebuah acara yang dapat mengangkat komuditas unggulannya serta menumbuhkan UMKM masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengapresiasi acara Festival Ketan tersebut, menurutnya selain sebagai acara sedekah desa atau selamatan desa, Festival ketan ini juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, sebab banyak ragam produk olahan dari ketan yang dijual oleh UMKM masyarakat Desa Darungan.

"Hari ini banyak UMKM yang mengikuti kegiatan ini, banyak masyarakat yang beli dan produknya sebagian besar dari olahan ketan," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Darungan, Eko Nur Hadi menjelaskan, bahwa Festival Ketan tersebut merupakan acara kali pertama diadakan di Desa Darungan, yang sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Darungan ke-39.

Lanjut dia, selain mengadakan bazar UMKM, dalam acara tersebut juga menyiapkan Tumpeng Gunungan Ketan, gunungan hasil bumi dan pagelaran seni budaya lainnya.

"Di acara ini ada 1 gunungan ketan besar dan empat gunung hasil pertanian," ujarnya. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan