Media Center Daerah Diharapkan Mampu Sajikan Berita yang Bernilai
29 September 2022 | Dilihat 170 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Media Center Daerah diharapkan agar mampu menyajikan berita yang lebih bernilai, sehingga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong saat memberikan arahan dalam kegiatan Jarkom Edisi Media Center Daerah, bertempat di Aula Pertemuan Four Points Hitel Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/9/2022).

Usman Kansong juga menyampaikan, sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo bertindak sebagai konduktor orkestra dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Kominfo menjadi yang terdepan dalam pengelolaan informasi publik.

“Dalam penyebarluasan informasi kepada publik, pemerintah melalui Kominfo dengan menjalin kerja sama dengan sejumlah media mainstream, dan untuk dapat mengoptimalkan penyebarannya penyajian berita yang baik juga sangat dibutuhkan,” ujar dia.

Menurut Usman Kansong, media mainstream saat ini sangat membutuhkan berita non seremonial. Jadi harapannya ke depan, jika ada pemberitaan dari pemerintah, berita tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan oleh media maupun masyarakat sehingga harus dikemas menjadi berita yang mempunyai nilai.

“Saya berharap, Pengelola Media Center di daerah dapat mengikuti materi JARKOM (Jadi Pinter Bareng Kominfo Newsroom) dengan baik. Manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya sehingga bisa menyajikan berita yang lebih bernilai bagi publik,” harapnya.

Dirinya juga mengharapkan, agar Media Center di daerah juga membantu menyosialisasikan G20, agar lebih dikenal lagi oleh publik.

Bimtek tersebut juga dihadiri oleh Direktur Pengelolaan Media, Dirjen IKP Kemkominfo Nursodik Gunarjo, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Timur Hudiyono.

Dengan menghadirkan narasumber Eko Suprihatno selaku Praktisi Media Senior dari Media Indonesia, Redaktur Pelaksana InfoPublik, M. Taofiq Rauf dan diikuti oleh ratusan peserta dari Petugas Pengelola Media Center Daerah, baik yang offline maupun secara daring. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan