Bupati Lumajang Ajak Masyarakat Lestarikan Seni dan Budaya Warisan Leluhur
02 Oktober 2022 | Dilihat 186 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengajak masyarakat untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan sebagai warisan leluhur.

"Kini Tari Topeng Kali Wungu sudah menjadi kesenian Kabupaten Lumajang yang harus terus dilestarikan. Untuk itu, lita sebagai penikmat yang hari ini harus melanjutkan dan meneruskan tarian ini," ujar dia saat memberikan arahan dalam acara Tasyakuran Satu Tahun Warisan Budaya Tak Benda Topeng Kali Wungu, bertempat di auditorium Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Sabtu (1/10/2022) malam.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa Tari Topeng Kaliwungu yang merupakan kesenian tari asal Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, tahun 2021 lalu telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang juga mengungkapkan rasa bangganya, serta memberikan apresiasi kepada seluruh pelestari dan pegiat seni Tari Topeng Kaliwungu, yang selama ini sudah berupaya terus mempertahankan kesenian tersebut.

"Malam hari ini saya benar-benar mendapatkan gambaran, bahwa Tari Topeng Kali Wungu ini ada nyawanya. Topeng Kali Wungu adalah warisan yang betul-betul masih bisa kita nikmati dan perlu dilestarikan bersama," ungkap dia.

Ia menambahkan, bahwa Kabupaten Lumajang memiliki beberapa kesenian tari diantarany, Tari Jaran Kencak, Godril, dan saat ini bertambah lagi Tari Topeng Kali Wungu.

Oleh karena itu, Cak Thoriq berharap, agar Topeng Kali Wungu bisa menjadi penggugah kesenian yang lainnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan