Tingkatkan Daya Saing, Pencari Kerja di Lumajang Mendapat Pelatihan Keterampilan
03 Oktober 2022 | Dilihat 242 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Untuk dapat meningkatkan daya saing para Pencari Kerja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur memberikan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pengolahan Makanan, bertempat di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang, Senin (3/10/2022).

Saat membuka kegiatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang, Rosyidah menyampaikan, bahwa pelatihan itu merupakan upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) bagi para pencari kerja.

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan kegiatan tersebut, maka dapat mencetak tenaga kerja yang miliki kompetensi, sekaligus mampu bersaing di dunia usaha.

"Harapan kami bisa mencetak tenaga yang kompeten, berbeda dengan pelatihan sebelumnya, pelatihan kali ini ada sertifikat komptensi bila lulus dari lembaga penguji nanti," harapnya.

Rosyidah juga mengharapkan, agar ke depan para peserta yang mendapat pelatihan bisa membuka lapangan kerja sendiri.

Ia menambahkan, bahwa penyelenggaran kegiatan tersebut merupakan alokasi dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Lumajang, dan sasarannya adalah para pencari kerja berdasarkan klaster kompetisi.

“Pelatihan ini, diselengarakan selama 15 hari ke depan, yang dialokasikan dari DBHCHT Kabupaten Lumajang, dengan sasaran para pencari kerja berdasarkan klaster kompetisi,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan Kerja Kabupaten Lumajang, Siswanto dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh buruh tani tembakau, buruh pabrik rokok yang diputus kontrak kerjanya, serta masyarakat yang telah diatur dengan peraturan bupati.

Lanjut dia, pelatihan tersebut juga merupakan bagian dari fasilitasi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dari potensi yang sudah dimiliki.

"Mendorong peningkatan ekonomi masyarakat melalui potensi masyarakat," jelasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan