Pertahankan Zero Rabies, Masyarakat Lumajang Diimbau Beri Vaksin Hewan Peliharaannya secara Berkala
04 Oktober 2022 | Dilihat 188 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Masyarakat Kabupaten Lumajang diimbau memberikan vaksin secara rutin kepada hewan peliharaan, untuk mecegah virus Rabies.

"Untuk mempertahankan kasus zero rabies di Jatim, kami di daerah mendukungnya dengan secara rutin memberikan vaksin kepada hewan peliharaannya secara berkala enam bulan sekali," ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, drh. Rofi'ah saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (4/10/2022).

drh. Rofiah juga menyampaikan, bahwa kegiatan vaksinasi rabies tersebut merupakan upaya untuk menjaga hewan peliharaan yang berpotensi terserang penyakit rabies sekaligus mempertahankan status Jawa Timur yang Zero Rabies, artinya belum ditemukan kasus penyakit rabies di wilayah Jawa Timur.

"Kita fokus pada hewan yang rentan rabies, kuncing anjing dan kera. Untuk sementara ini, Jawa Timur masih bebas rabies, belum ada kasus rabies yang dilaporkan ditemukan di Jawa Timur," katanya.

Menurutnya, meskipun tidak ada kasus rabies di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Lumajang para pemilik hewan peliharaan yang berpotensi terjangkit virus rabies tetap diminta untuk memberikan vaksin secara rutin untuk mecegah virus Rabies.

Dalam pelaksanaannya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Jatim VII menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis dalam rangka World Rabies Day 2022 di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, pada tanggal 3 - 5 Oktober 2022. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan