Wabup Lumajang : Pusaka dan Barang Antik Bagian dari Budaya, Jadi Jangan Sekali-kali Melupakannya
28 Oktober 2022 | Dilihat 176 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang (Bunda Indah) menyampaikan, bahwa Indonesia dikenal dunia kaya akan keragamannya, baik suku, adat istiadat, agama, budaya maupun bahasa. Pusaka dan barang antik merupakan bagian dari budaya.

"Karena itu, keragaman inilah yang mempersatukan kita, dan jangan sekali-kali melupakan budaya, karena ini yang harus terus kita lestarikan," ujar dia saat membuka secara resmi acara Pameran Pusaka dan Barang Antik yang digelar, di Perpustakaan Umum Mula Malurung Kabupaten Lumajang, Jumat (28/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang dirinya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada paguyuban Arya Wiraraja yang sudah memberikan kesempatan kepada masyarakat Lumajang untuk belajar budaya.

"Ini adalah awal dari kebangkitan pelestari-pelestari budaya yang ada di Kabupaten Lumajang. Mudah-mudahan ini bisa memberi dorongan untuk membangkitkan ekonomi melalui pameran keris dan barang antik. Insyaallah, ini menjadi kegiatan rutin di Kabupaten Lumajang," katanya.

Pameran akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni tanggal 28-30 Oktober 2022, dengan mengambil tema "Kolaborasi Waras dan Pusaka Lumajang Tigang Juru".

Sementara itu, Ketua Paguyuban Arya Wiraraja, Musholli mengungkapkan, bahwa dirinya juga terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang, yang sudah mendukung penyelenggaraan kegiatan pameran keris dan barang antik.

"Kami ingin kegiatan pameran Pusaka dan barang antik ini bisa digelar setiap tahunnya dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Lumajang maupun TNI-POLRI," ungkap dia.

Adapun pusaka yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut cukup beraneka. Selain keris, juga terdapat pusaka lain seperti tombak. Pusaka dan barang antik yang dipamerkan tersebut merupakan koleksi dari paguyuban Arya Wiraraja Lumajang dan ada juga yang dari luar Lumajang. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan