Anggun Dibawah Rintikan Hujan, Event BALOS Semakin Spektakuler
29 Desember 2022 | Dilihat 811 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Meski diguyur hujan, event Batik Lumajang on The Stage (BALOS) 2022 Spekta Gong 2023 semakin spektakuler. Lenggak lenggok model dibalut Batik Lumajang nampak anggun tersorot lampu di bawah rintikan air hujan.

Batik Lumajang On The Stage (Balos) kembali digelar tahun ini setelah sebelumnya sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Dengan mengusung tema Spekta Gong 2023, Balos kali ini diharapkan mampu mendobrak semangat para pembatik dan designer untuk kembali berkompetisi dalam produktivitas batik.

Saat membuka acara Balos 2022, yang bertempat di Halaman Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (28/12/2022), Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Musfarina Thoriq (Ning Farin) menyampaikan, bahwa Balos telah menjadi ajang untuk mempertemukan para pengerajin batik dan para designer fashion. Selain itu juga menjadi ajang kreativitas generasi muda untuk menampilkan kreasi busana batik yang kekinian.

"Masyarakat Lumajang harus bangga dengan batik Lumajang, dengan Balos batik-batik dengan motif khas batik Lumajang akan bermunculan," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Balos, Dimas Saputra mengungkapkan, bahwa tujuan utama dari kegiatan Balos adalah untuk meningkatkan kreativitas dan eksplorasi Batik Lumajang, sehingga muncul karakter Batik Lumajang yang menjadi ciri khas daerah, yang patut untuk dibanggakan.

"Mengajak para pengerajin batik untuk meningkatkan pola pikir bukan hanya memproduksi batik tapi juga mencipatkan batik Lumajang yang berkarakter kebanggaan Lumajang," ungkapnya.

Adapun beberapa rangkaian Balos kali ini meliputi Lomba Fashion Show dengan lima kategori mulai anak-anak hingga kategori dewasa atau umum, kemudian lomba fotogenic, sarasehan dengan pembatik dan designer se-Kabupaten Lumajang dan Parade Show Pembatik dan Designer. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan