BALOS Jadi Event untuk Dorong Batik Lumajang Naik Kelas
29 Desember 2022 | Dilihat 297 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Batik Lumajang On The Stage (Balos) telah menjadi salah satu event andalan pada rangkaian Hari Jadi Lumajang. Acara yang menjadi tempat berkumpulnya para pengerajin batik dan designer itu diselenggarakan untuk mewadahi kreativitas pengerajin batik, sekaligus mempromosikan potensi batik di Kabupaten Lumajang.

Pada peringatan Harjalu ke-767 Tahun 2022, Balos diselenggarakan di depan Pendopo Arya Wiraraja Lumajang pada Rabu (28/12/2022) malam.

Sebagai mitra Pemerintah Daerah, Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur atau sering dikenal dengan Bank Jatim terus mendukung setiap upaya pemerintah dalam mengembangkan produk lokal, termasuk Batik.

Saat dimintai keterangan di kantornya, Kamis (29/12/2022), Pimpinan Bank Jatim Cabang Lumajang, Hanif Julhamsyah mengatakan, bahwa potensi Batik Lumajang untuk dikenal masyarakat luas sangat tinggi.

Menurutnya, Batik Lumajang memiliki corak dan warna yang beragam, sehingga bisa dipadukan dengan berbagai macam model fashion. Tidak hanya untuk acara formal, Batik Lumajang pun cocok jika dipadukan dengan gaya casual yang digemari kalangan millenial.

"Potensi Batik Lumajang sangat besar, motifnya beragam, warnanya juga beragam, batik itu tidak hanya untuk acara formal, tapi untuk casual, untuk millenial itu masih cocok pakai batik," katanya.

Dalam kegiatan Balos, Hanif Julhamsyah juga sengaja mengenakan Batik Lumajang dengan warga merah muda yang identik dengan gaya millenial. Batik yang ia kenakan saat itu, merupakan Batik Lumajang dengan motif Pisang.

Hanif berharap, melalui kegiatan Balos nantinya para pengerajin Batik di Lumajang bisa mengembangkan kreatifitasnya. Dirinya juga berharap, banyak pengunjung dari luar daerah yang tertarik dengan Batik Lumajang, Batik Lumajang pun bisa naik kelas ke kanca Nasional.

"Harapannya dari luar kota utamanya itu terarik mengadakan kegiatan di Lumajang, sehingga harapannya Batik Lumajang bisa berkembang lebih dikenal oleh masyarakat luar, kalau bisa skalanya bisa nasional," harapnya.

Ke depan, untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam membumikan Batik Lumajang, pihaknya akan mengajak seluruh karyawan BPD Jatim untuk mengenakan Batik Lumajang saat beraktifitas di kantor ataupun kegiatan lainnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan