Serahkan Bantuan Gempa Cianjur, Cak Thoriq Berbagi Pengalaman Penanganan Bencana
11 Januari 2023 | Dilihat 196 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq berbagi pengalaman penanganan bencana saat menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Semoga penanganan gempa Cianjur segera selesai, monggo nanti kalau ada keinginan saling sharing kami siap," ujar dia saat berbincang dengan Sekretaris Daerah Kab. Cianjur, Cecep Alamsyah, di Pendopo Kabupaten Cianjur, Rabu (11/1/2023).

Cak Thoriq berbagi pengalaman bencana mulai awal penanganan evakuasi, berbagai problematik, pro kontra relokasi, distribusi bantuan, pembangunan hunian sementara dan hunian tetap, pemindahan penyintas erupsi Semeru ke Bumi Semeru Damai hingga penanganan warga pasca relokasi.

"Jadi kami betul-betul memastikan bahwa mereka pindah semuanya siap tinggal menempati, termasuk kehidupan ekonominya, kami buatkan pasar, kandang terpadu juga kami pikirkan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Thoriqul Haq juga menyerahkan bantuan dari masyarakat dan ASN Pemkab Lumajang. Total bantuan yang berhasil dihimpun melalui rekening Baznas Lumajang sejumlah Rp375.220.010.

"Kita ada bantuan sejumlah Rp375 juta ini bantuan dari masyarakat dan gabungan seluruh ASN Pemkab Lumajang yang dihimpun melalui Baznas Lumajang," terangnya.

Sementara itu, Sekda Cianjur, Cecep Alamsyah mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan masyarakat Lumajang kepada Cianjur.

Dirinya juga termotivasi Cianjur bakal bangkit setelah mendengarkan berbagai pengalaman yang disampaikan oleh Bupati Lumajang.

"Alhamdulillah bapak jauh-jauh kesini simpati kepada kami, alhamdulillah kami mendapatkan motivasi untuk bangkit," ungkapnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan