Wabup Lumajang : Potensi Buper Glagah Arum akan Terus Dikembangkan untuk Tarik Wisatawan
25 Januari 2023 | Dilihat 98 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Potensi Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan terus dikembangkan untuk menarik para wisatawan.

"Tahun ini, Insyaallah kami akan membangun kolam renang wahana untuk anak-anak. Jadi tiap tahun harus ada wahana baru untuk menarik wisatawan para wisatawan lokal, maupun mancanegara," ujar Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) saat menyapa rombongan Kwarcab Kota Blitar, di Pendopo Buper Glagah Arum, Selasa (25/1/2023) malam.

Bunda Indah juga menyampaikan, bahwa bumi perkemahan yang dikelola di lahan perhutani tersebut, memiliki luas 10,4 hektare (ha). Menurutnya, selain untuk kegiatan pramuka, tempat itu juga dimanfaatkan untuk bussines berupa fasilitas penginapan Glamour Camping (Glamping) untuk para wisatawan.

Hal itu dimaksudkan untuk mendapatkan nilai tambah atau penghasilan bagi pengelola, khususnya kwarcab pramuka guna mengembangkan potensi buper.

"Kalau ini hanya untuk kegiatan perkemahan, kemungkinan usianya satu atau dua tahun selesai, karena kami tidak mampu membiayai secara operasionalnya, maka harus ada penghasilan, kemudian gagasan dan ide dari teman-teman pramuka untuk menjadikan lahan bisnis, yaitu Glamour Camping," ujar dia yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Blitar, Tjujuk Sunario mengatakan, bahwa potensi buper Glagah Arumtersebut menjadi salah satu percontohan sekaligus motivasi bagi Kwarcab Kota Blitar dalam mengelola bumi perkemahan.

"Saya lihat tadi keunggulan-keunggulan tempat ini luar biasa," katanya.

Selain itu, dikatakan Tjujuk, bahwa maksud dan tujuan kinjungannya tersebut, yaitu untuk melaksanakan kegiatan Pitaran Pelatih.

"Tadi sudah melakukan outbond dibimbing oleh teman-teman yang ada di Glagah Arum," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan