Pemerintah akan Jamin Biaya Pendidikan Lima Anak Yatim di Jatiroto Lumajang
25 Januari 2023 | Dilihat 144 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kondisi lima anak yatim warga Persil Nyeoran, Desa Kaliboto Lor, Kecamatan Jatiroto, cukup memprihatinkan. Kelimanya merupakan saudara kandung yang baru saja ditinggal ayahnya, sementara ibunya, Ivatur Rizky tidak memiliki pekerjaan tetap. Keluarga tersebut hidup dirumah yang tidak layak huni, berdinding triplek dan beralas tanah.

Mengetahui kondisi tersebut, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) beserta jajaran Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lumajang, Baznas Kabupaten Lumajang, Pemerintah Kecamatan Jatiroto dan Pemerintah Desa Kaliboto Lor memberikan pendataan, sekaligus bantuan.

"Keluarga ini ada lima anak yatim, yang baru ditinggal ayahnya. Keberadaanya sangat memprihatinkan, kita masih proses untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti PKH, BLT dan lain sebagainya karena status administrasi baru jelas, ini sudah dibantu pak kades dan pak camat," ungkap dia saat dimintai keterangan usai meninjau dan menyerahkan santunan ke kediaman keluarga Ivatur Rizky, Rabu (25/1/2023).

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa bantuan yang diberikan untuk perbaikan atau pembangunan rumah yang sudah rusak melalui Baznas Kabupaten Lumajang senilai Rp15 juta, sembako dan beberapa bantuan perlengkapan dan peralatan sekolah.

"Rumahnya nanti dibangun, kemudian akan dibuatkan warung kecil supaya bisa mandiri, dibuatkan warung kopi atau warung kecil untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," terangnya.

Bunda Indah juga berpesan kepada Ivatur Rizky, agar tidak perlu khawatir terkait pendidikan kelima anaknya tersebut. Dirinya berjanji akan menjamin pendidikan anak-anaknya, bahkan sampai perguruan tinggi apabila mampu.

"Tadi sudah saya sampaikan kepada ibunya bahwa anaknya saya jamin pasti sekolah, apalagi kalau ingin kuliah jangan khawatir asal harus pintar," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan