Kini, 1.658 KK Penyintas Erupsi Gunung Semeru Sudah Terima Kunci Hunian Relokasi
25 Januari 2023 | Dilihat 390 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur kembali menyerahkan kunci hunian relokasi kepada Penyintas Erupsi Bencana Alam Gunung Semeru, Rabu (25/1/2023).

Saat kegiatan tersebut, Kalaksa BPBD Kab. Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan, bahwa penyerahan kali ini sudah memasuki tahap ke-10 dengan 266 kunci yang diserahkan, sehingga total penerima kunci dari tahap pertama sampai tahap k- 10 berjumlah 1.658 KK.

Lanjut dia, penyerahan kunci memang dilakukan secara bertahap, karena ada beberapa faktor dan tahapan administrasi yang perlu dilaksanakan. Penerima kunci diverifikasi berdasarkan kesesuaian dengan data adminduk Dispendukcapil Kabupaten Lumajang.

"Data penerima Huntap disesuaikan dengan data adminduk dari Dispenduk, kemudian disesuaikan dengan data di lapangan. Apabila sudah sesuai maka yang berhak menerima Huntap dan Huntara akan diberikan kuncinya. Permasalahan-permasalahan yang terjadi akan dikoordinasikan bersama Perangkat Desa dan Kecamatan," kata dia.

Selain itu, dikatakan Patria, bahwa untuk saat ini pemberian kunci masih diprioritaskan untuk warga yang berada pada zona merah peta kawasan rawan bencana (KRB).

"Untuk warga yang khususnya didaerah zona merah sesuai peta KRB dikeluarkan oleh PVMBG akan didahulukan untuk menempati Huntap dan Huntara merupakan prioritas dari Pemerintah Kabupaten Lumajang," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan