Resmikan Pustu Mahameru BSD, Sekda Lumajang Minta Layanan Kesehatan Prima untuk Warga Sekitar
26 Januari 2023 | Dilihat 351 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono meminta, agar diresmikannya Puskemas Pembantu Mahameru di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai dapat memberikan pelayanan kesehatan prima kepada warga sekitar.

"Saya berharap, pustu ini bermanfaat bagi masyarakat huntap bumi semeru damai dan bukan hanya mendirikannya saja, namun menjadi tanggungjawab masyarakat juga untuk turut menjaga dan merawatnya agar tetap dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan baik," ujar dia saat memberikan arahan dalam acara Peresmian Puskemas Pembantu Mahameru, di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (26/1/2023).

Agus Triyono juga menyampaikan, bahwa dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang berpartisipasi dalam pembangunan Pustu Mahameru yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan di lingkungan BSD.

Menurutnya, Pustu Mahameru menjadi salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan masyarakat penyitas erupsi Gunung Semeru. Dengan total 1.951 KK akan bermukim di BSD, fasilitas untuk masyarakat haruslah memadai. Dipredikasi hingga saat ini, ada sekitar 6.000 orang sudah menempati hunian relokasi.

"Ini telah disiapkan beberapa fasilitas umum termasuk fasilitas kesehatan. Berdasarkan orediksi jumlah penduduk yang tinggal di huntap ini serta dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat, maka fasilitas kesehatan yang tepat untuk memberikan pelayanan kesehatan adalah berupa puskesmas pembantu yang merupakan jaringan dari puskesmas, yaitu jaringan puskesmas penanggal," katanya.

Agus Triyono juga menyebut, bahwa salah satu peran fasilitas pelayanan kesehatan adalah mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat. Dimana salah satu wewenang puskesmas termasuk puskesmas pembantu adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar, meyelenggarakan pelayanan kesehatan yang mengutamakan promotif, preventif dan juga kuratif, dengan tujuan utama menjaga masyarat yang sehat agar tetap sehat, yang sakit dapat menjadi sehat kembali. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan