Cak Thoriq : Ranupani Kita Kembangkan dengan Tetap Perhatikan Konservasi Lingkungan
26 Januari 2023 | Dilihat 508 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kawasan Ranupani menjadi destinasi wisata yang akan terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan memperhatikan konservasi lingkungan.

"Ranupani akan terus kita kembangkan dengan potensi yang ada disini dengan harapan pemulihan lingkungan terjadi tetapi dengan infrastruktur supaya tidak kembali tidak terjadi sedimentasi itu yang jadi kita pertimbangkan, ada rest area, ada buffer, ada sedimen trap supaya lumpur tidak langsung ke danau," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat meninjau progres pembangunan di Kawasan Ranupani Kecamatan Senduro, Kamis (26/1/2023).

Menurut Cak Thoriq, Ranupani menjadi kawasan prioritas pengembangan pariwisata di Lumajang. Oleh karena itu, diharapkan dengan berkembangnya pariwisata di Ranupani dapat menjadi pengungkit sektor pariwisata di Kabupaten Lumajang.

Adapun beberapa pengembangan pariwisata di Ranupani meliputi konservasi Danau Ranu Pani, kawasan lingkungan pemukiman serta fasilitas pendukung pendakian. Pengembangannya pun ia pastikan tetap mempertimbangkan konservasi lingkungan.

Oleh karenanya, dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq menggalakkan tanam pohon untuk setiap kegiatan di Kawasan Ranupani.

"Pokoknya kalau ke Ranu Pani dan Ranu Regulo harus menanam dulu sebelum pulang," imbaunya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan