Terima Laporan Pendaki Gunung Lemongan Tersesat, BPBD Lumajang Gerak Cepat Turunkan Personel
27 Januari 2023 | Dilihat 580 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi memimpin langsung operasi pencarian enam pendaki asal Kabupaten Lumajang yang dilaporkan tersesat di jalur pendakian Gunung Lemongan, Jumat (27/1/2023).

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Patria mengatakan, bahwa dirinya bersama tim pendukung menyusul tim yang sudah berangkat sejak pagi tadi untuk melakukan pencarian awal.

"Kita bersama tim pendukung sudah berada di lokasi pohon signal, ini cuaca masih hujan, jadi kita hentikan sementara sambil menunggu tim penyapu yang masih dibelakang, ini kita nanti lanjut ke watu gede," kata dia.

Sementara itu, Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang, Nur Cahyo mengungkapkan, bahwa rombongan pendaki yang terdiri dari Diaz warga Tompokersan, Alfan warga Desa Purworejo, Elisa warga Desa Labruk, Chein warga Desa Kutorenon, Brian warga Jalan Suwandak, dan Miftah warga Desa Yosowilangun mulai mendaki sekitar pukul 17.00 WIB dari pos Mbah Citro menuju puncak Gunung Lemongan.

Lanjut dia, tiba-tiba salah satu teman pendaki yang berada di wilayah kota memberikan informasi kepada BPBD Kabupaten Lumajang bahwa teman-temannya kehilangan arah pada Jumat dini hari.

"Jumat, Pukul 01.00 WIB, rombongan pendaki menghubungi teman yang ada di Lumajang, dan pukul 07.19 WIB menghubungi kembali bahwa rombongan masih di seputar puncak Gunung Lamongan, informasi dilaporkan ke BPBD dan pemberangkatan Tim Adven TRC BPBD Lumajang untuk cek kebenaran informasi," ungkap Cahyo.

Setelah mendapatkan lapoan, tim segera melakukan pengecekan dan pendalaman informasi, Tim adven TRC BPBD Lumajang melakukan pencarian di titik koordinat yang telah terhubung dengan survivor. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan