Lasmi, Pelaku Usaha Kripik di Lumajang Omset Penjualannya Mencapai Ribuan Bungkus per Bulan
28 Januari 2023 | Dilihat 1319 kali | Penulis Bobby . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memang terkenal dengan sentra jajanan lokal, utamanya keripik pisang. Sekarang ini juga banyak pengusaha keripik yang konsisten berproduksi, namun hanya segelintir orang yang pemasaran produk usahanya berhasil menembus hingga di luar Kabupaten Lumajang.

Tepatnya, di Dusun Gencono, Desa Jambekumbu, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, terdapat pengusaha kripik yang masih eksis menjalankan usahanya dan berhasil menjual di toko-toko besar di Lumajang, bahkan produk kripiknya juga dijual diluar kabupaten Lumajang.

Saat dimintai keterangan di Rumah Produksinya, Sabtu (28/1/2023), Pemilik Usaha Kripik dan Kacang "UD. Mawar Indah", Lasmi mengatakan, bahwa dirinya menjalankan usahanya tersebut sudah 20 tahun lebih, dan produk yang dijualnya beraneka ragam, yakni aneka macam keripik dan kacang.

"Saya mulai usaha kripik ini mulai tahun 1999, dan jualan dengan jumlah sedikit," katanya.

Lanjut dia, dari sedikit ceritanya mulai berusaha dibidang kripik, dirinya di awal-awal berusaha, jenis produk yang ia jual hanya sedikit dan terdapat 3 jenis saja, serta dijual toko-toko lokalan saja, namun setelah bergabung di Asosiasi federasi pidra Lumajang (Asfera) dan Berhasil mendapatkan logo halal, dari situlah usahanya mulai berkembang pesat.

"Di tahun 2006 saya masuk Asfera kemudian pada tahun 2007 mengurusi produk berlogo halal dan di tahun 2010 mulai MOU dengan toko modern di Pasirian," jelasnya.

Dari hasil kerja keras tersebut, kini dirinya sudah berhasil menjual 12 varian keripik dan kacang hingga ribuan bungkus perbulan, bahkan berhasil dijual toko-toko modern yang ada di wilayah lumajang dan luar Kabupaten Lumajang, yakni di Jember, Probolinggo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Ia menambahkan, bahwa sekarang ini produk yang berhasil dijual di toko modern terdapat 6 jenis kripik dan kacang, rencananya akan menambah lagi dua varian yang berbeda.

"Alhamdulillah, sekarang saya diterima di toko modern dengan baik, dan seumpama saya menambah produk dengan berbeda varian atau rasa juga dipermudah," ungkapnya.

Selanjutnya, Lasmi berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, karena telah mendukung serta membantu dalam proses pengembangan serta memajukan usahanya hingga sukses sekarang ini. (Kominfo-lmj/Bob)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan