Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Lumajang : Wayang Kulit Aset Budaya yang Perlu Dilestarikan
05 Februari 2023 | Dilihat 113 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Lumajang, Paiman menghadiri acara Gelar Seni Budaya, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun paguyuban Sabdaaji ke - 22 Tahun 2023, bertempat di Jalan Jenderal MT Hariyono Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang, Sabtu (4/2/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Paiman yang juga sebagai penasehat Sabdaaji menyampaikan, bahwa dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang mengucapkan terima kasih, serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada paguyuban Sabdaaji yang sampai saat ini masih menjaga, dan melestarikan budaya.

"Diusia yang ke-22 ini Sabdaaji masih nguri-nguri budaya. Gelaran wayang kulit ini sangat penting, karena wayang kulit merupakan salat satu aset budaya yang perlu dilestarikan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sesuai dengan tema yang di ambil "Budaya diri bangsa, budaya pemersatu bangsa", Paiman juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya, karena di dalam seni budaya terkandung nilai-nilai penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Sabdaaji, Sarwo Darmono menjelaskan tentang perjalanan panjang komunitas yang dipimpinnya selama ini dalam upaya menjaga dan melestarikan warisan budaya Jawa.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang yang sudah berkenan hadir dalam peringatan hari ulang tahun Sabdaaji tahun ini," jelas dia.

Ia menambahkan, bahwa Paguyuban Sabdaaji didirikan pada tanggal 4 Februari 2021, tahun ini diusianya yang ke-22 paguyuban tersebut masih terus berkembang dan eksis dalam menjaga, dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya Jawa di Kabupaten Lumajang.

“Saat ini tepat di hari ulang tahunnya yang ke-22, Sabdaaji memperingati dengan menggelar pertunjukan yang dimeriahkan sejumlah atraksi seni dan budaya, diantaranya beberapa tari tradisional dan ditutup dengan gelaran wayang kulit,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan