PKK Lumajang Berikan Edukasi Inovasi Pawon Urip pada Warga di Kawasan Relokasi BSD Desa Sumbermujur
02 November 2022 | Dilihat 144 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Musfarinah Thoriq (Ning Farin) mengikuti kegiatan Senam Bersama dan Tandur Bareng, pada hari kedua dari rangkaian Jambore PKK Tahun 2022, di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai (BSD) Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Rabu (2/11/2022).

Saat kegiatan tersebut, Ning Farin menyampaikan, bahsa Senam Bersama dan Tandur Bareng tersebut merupakan serangkaian kegiatan dari Jambore PKK Tahun 2022. Jambore PKK adalah kegiatan per 2 tahun TP PKK kabupaten/kota se-Jawa Timur, untuk Kabupaten Lumajang mestinya dilaksanakan pada tahun 2021, namun karena Pandemi COVID-19 sempat tertunda dan dilaksanakan di tahun 2022.

"Jambore PKK memang tempat berkumpulnya seluruh kader, dimana kita nanti akan bertemu dan silaturahmi serta berkoordinasi dengan memberikan ide-ide atau inovasi maupun pengalaman. Kemarin sudah kita laksanakan jambore pada tanggal 1 November dan malamnya dilanjutkan dengan kegiatan Gebyar Pawon Urip Tahun 2022," ujarnya.

Menurutnya, Pawon Urip itu sendiri merupakan program inovasi dari TP PKK Kabupaten Lumajang dalam menjaga lingkungan dan mengajak masyarakat untuk menanam di sekitar rumah atau dilingkungan warga, sehingga ketahanan pangan dan gizi keluarga tetap terjaga.

"Ada tiga jenis tanaman yang harus ada di Pawon Urip, yakni tanaman asman toga atau mpon-mpon, buah-buahan dan sayuran. Jadi, tujuan adanya Pawon Urip agar dapur masyarakat tetap mengepul," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Lumajang Rahayu Agus Triyono, serta perwakilan kader PKK dan Posyandu se-Kabupaten Lumajang sedikitnya 1.300 peserta yang nampak antusias mengikuti serangkaian kegiatan.

Sementara itu, Wakil Ketua III TP PKK Kabupaten Lumajang, Samsul Arifin menjelaskan, bahwa TP PKK Kabupaten Lumajang menyelenggarakan Jambore PKK di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai (BSD), bertujuan agar adanya komunikasi antara kader PKK se-Kabupaten Lumajang dengan warga penyintas erupsi Gunung Semeru yang sudah berdomisili di BSD.

Lanjut dia, adapun salah satu manfaat adanya kegiatan tandur bareng di kawasan relokasi BSD adalah selain memberikan edukasi terkait program Pawon Urip, juga sebagai kenang-kenangan dari para kader PKK dan Posyandu untuk warga penyintas erupsi Gunung Semeru.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan bukti nyata dari TP PKK se-Kabupaten Lumajang untuk masyarakat, karena hampir semua lini kehidupan PKK mulai dapur sampai ke kebun kita gerakkan bersama, itu kita manfaatkan untuk semua masyarakat. Jadi, kita bisa menikmati dan semua masyarakat menikmatinya," harapnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan