Menyemarakkan Hari Santri, Forkopimda Lumajang Ikut Lomba Masak Nasi Liwet
06 November 2022 | Dilihat 417 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar lomba masak nasi liwet, Sabtu, (5/11/2022) malam.

Lomba Ngeliwet diikuti oleh, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Ka. Kankemenag Kab. Lumajang H. Muslim, Sekda Kab. Lumajang Agus Triyono, Wakil Ketua 1 DPRD H. Bukasan, Ketua Baznas Kab. Lumajang Atok, serta Gawagis (Putra Kyai) pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq dan Istri Ka. Kankemenag, Ny. Ririn Muslim, didaulat menjadi Juri Lomba Ngeliwet.

Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq menunjukan kepiawaiannya dalam memasak, begitu juga dengan H. Muslim rekan dalam satu timnya. Keduanya memasak menu sambal terong bakar, tempe penyet, telur dadar, dan beberapa menu lain khas santri.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq menyampaikan, bahwa menanak nasi liwet sudah menjadi kebiasaan santri saat menuntut ilmu di pondok pesantren. Karena itu, lomba ngeliwet tersebut tidak menjadi hambatan bagi bupati, karena dulu saat berada di pondok ngeliwet sudah menjadi hal yang biasa dilakukan.

"Kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Tahun 2022. Ini harus kita persiapkan lebih matang lagi, sehingga tahun depan lomba ngeliwet bisa kita selenggarakan lebih meriah lagi," ujar Cak Thoriq.

Selaku juri lomba, Wakil Bupati Lumajang mengapresiasi para peserta lomba ngeliwet yang diikuti oleh Forkopimda dan
Gawagis (Putra Kyai) pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Meskipun peserta memasak masih ada yang belum rata bumbunya, ada yang sedap dan masih ada yang kurang sedap, tetapi semua masakan masih terasa enak," ungkap Bunda Indah.

Terlihat dalam ajang perlombaan tersebut bahan yang dibuat untuk ngeliwet sudah di sediakan, seperti beras beserta lauk pauknya. Bahkan, semua keperluan atau perlengkapan yang digunakan peserta untuk menanak nasi liwet juga sudah disediakan panitia. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan