Kembali Digelar, Festival Banjir Tahu Kunir Kidul Lumajang Diharapkan Bisa Bangkitkan Pelaku UMKM
12 November 2022 | Dilihat 172 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Festival Banjir Tahu Desa Kunir Kidul kembali digelar pada 12-13 November 2022. Memasuki tahun ke empat penyelenggaran, Festival Banjir Tahu tahun ini mengusung konsep yang sedikit berebeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Namun demikian, ikon Festival Banjir Tahu yaitu kirab Tumpeng Tahu tetap ada.

"Kita terus mengupayakan ada inovasi di setiap penyelenggaraan, ada evaluasi kita benahi, kita sempurnakan terus, tapi Tumpeng Tahu itu tetap menjadi icon kita, itu bisa disaksikan besok malam (13 November 2022, red)," terang Kepala Desa Kunir Kidul, Derajat Ali Fatoni saat dikonfirmasi, di Lapangan Desa Kunir Kidul, Sabtu (12/11/2022).

Ali Fatoni juga menerangkan, bahwa panita Festival Banjir Tahu telah menyiapkan ribuan potong tahu goreng, yang dilengkapi dengan petis dan cabe untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

"Makan tahu bersama kita laksanakan besok pagi, setelah gowes bareng itu peserta gowes nanti setelah finish akan makan tahu secara bersama sama secara gratis dan silahkan makan tahu sak warege (sepuasnya, red)," jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa penyelenggaraan Festival Banjir Tahu kali ini diharapkan dapat meningkatkan dan membangkitkan UMKM Desa Kunir Kidul pasca pandemi COVID-19.

"Agar produksi tahu tempe dikenal oleh seluruh masyarakat Lumajang. Meskipun produk turunan kita belum banyak, tapi silahkan daerah lain membuat produk olahan tahu, tapi tetap bahan bakunya dari tahu Kunir Kidul," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan