Kurangi Risiko, Pemkab Lumajang Pasang Rambu Peringatan Dini di Wilayah Rawan Bencana
15 November 2022 | Dilihat 154 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi dan mengurasi risiko terjadinya bencana Hidrometeorologi maupun bencana alam lainnya, beberapa diantaranya, pemasangan rambu peringatan dini di daerah-daerah yang dinilai rawan atau berpotensi terjadi bencana.

"Pemasangan rambu peringatan di daerah rawan bencana sudah kita lakukan. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, red) juga menyiagakan peralatan penanganan bencana dan logistik bencana, serta SDM yang memadai," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat menyampaikan Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD, pada Rapat Paripurna II Lanjutan, di Gedung DPRD Lumajang, Selasa (15/11/2022).

Dikutib darin laman www.bnpb.go.id, bahwa bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan.

Bentuk bencana tersebut menyerupai kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, hingga gelombang panas.

Oleh karena itu, Pemkab Lumajang melalui BPBD telah melakukan tindakan pencegahan mitigasi bencana dengan cara melibatkan potensi yang ada, untuk melakukan penghijauan dengan tanaman keras. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga telah melakukan pemantauan terhadap tanggul-tanggul yang rawan atau kritis jebol di sejumlah wilayah yang ada di Lumajang.

"Kami berkoordinasi dengan PSDA provinsi terkait kewenangan sungai serta melakukan pemantauan terhadap tanggul rawan kritis jebol dan memastikan aliran sungai tetap lancar dengan meningkatkan koordinasi dengan pengelola atau penjaga pintu air untuk menjaga stabilitas debit air," imbuh dia. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan