Kampung Resik Ajak Masyarakat Lumajang Kelola Sampah secara Mandiri
22 November 2022 | Dilihat 436 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang kembali menggelar lomba Kampung Resik Tahun 2022. Kali ini, lomba Kampung Resik tidak hanya dilaksanakan untuk wilayah kelurahan, melainkan untuk seluruh desa di Kabupaten Lumajang.

Saat dimintai keterangan disela kegiatannya, Senin (21/11/2022), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik mengungkapkan, bahwa penilaian Kampung Resik dilakukan pada 21 - 23 November 2022. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin untuk mengajak masyarakat mengelola sampah secara mandiri.

"Agenda ini untuk memotivasi masyarakat terkait dengan upaya pengelolaan sampah secara mandiri yang berbasis kampung atau pun desa," ungkap dia.

Ia menambahkan, bahwa tidak hanya pengelolaan sampah, salah satu penilaian kampung resik adalah pengolaan lingkungan sekaligus pengolaan saluran pembuangan air, sanitasi, serta peran masyarakat dalam penerapan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

Hertutik berharap, dengan lomba kampung resik tersebut akan muncul embrio untuk menjadi kampung proklim sekaligus menjadi penilaian adipura kecil tingkat desa.

"Kami ingin ke depan karena dari kampung resik ini menjadi pioner adipura kecil," harapnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan