Pemerintah Mulai Salurkan BLT bagi Petani Tembakau dan Buruh Rokok di Lumajang
29 November 2022 | Dilihat 235 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur hari ini mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Saat ini, total ada 1.290 penerima di wilayah Kecamatan Tempeh, dengan BLT DBHCHT yang dikucurkan sebesar Rp1.935.000.000.

"Saya langsung memantau pemberian bantuan langsung tunai kepada masyarakat petani tembakau dan buruh pabrik tembakau di Kecamatan Tempeh, hari ini kita menyalurkan Rp1,9 Miliar masing-masing mendapatkan 1,5 juta rupiah," ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq usai menyerahkan BLT DBHCHT di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh, Selasa (29/11/2022).

Bupati juga mengungkapkan, bahwa proses penyaluran BLT DBHCHT tersebut melalui BNI. Masyarakat langsung dibukakan buku rekening tabungan BNI baru agar bantuan lebih tepat sasaran dan tepat jumlah.

"Ini program pemerintah untuk stabilitas inflasi, masyarakat mendapat bantuan, daya belinya naik, tadi ada yang mau dibelikan beras, dibelikan sayur, ikan, supaya tetap perputaran uang sekaligus juga penambahan gizi bagi masyarakat," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) menambahkan, bahwa pada kesempatan kali ini, pemerintah menyalurkan kepada 1.290 penerima di Kecamatan Tempeh yang diserahkan 2 tahap, pagi hari kepada 600 penerima dan 690 penerima pada siang hari untuk mengantisipasi membludaknya proses penyerahan BLT DBHCHT tersebut.

"Dari DBHCHT, per KK mendapatkan 300 ribu per bulan, ini  selama 5 bulan ((bulan Juli – November 2022, red)," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dewi Susianti dalam laporannya menjelaskan, bahwa total ada sekitar 7.043 penerima BLT DBHCHT di Lumajang yang terdiri dari 5.158 petani tembakau dan buruh pabrik tembakau, serta 1.885 penerima dari Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

"Total ada 7.043 penerima dengan besaran BLT DBHCHT yang disalurkan sebesar 10.564.500.000 rupiah," jelasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan