Bupati Lumajang Tinjau Kios dan Gudang Pupuk Pastikan Stok Aman dan Tidak Disalahgunakan
30 November 2022 | Dilihat 454 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) meninjau sejumlah kios pupuk dan gudang pupuk di Lumajang. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok pupuk dan tidak disalahgunakan oleh oknum kios pupuk.

"Disini semua tercatat by name, kios yang seperti ini benar, saya keliling ke kios untuk memastikan tidak ada aturan yang dipaksakan, tidak ada yang dipaketkan subsidi dengan non subsidi yang diatur sendiri oleh penjual," ungkapnya saat meninjau Kios Pupuk Lancar Jaya, Kelurahan Jogotrunan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/11/2022).

Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa pemerintah memberikan pupuk bersubsidi kepada para petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional. Pendistribusiannya sendiri petani harus terdaftar dan memiliki kartu tani yang terintegrasi dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Jadi, demi kelancaran distribusi pupuk bersubsidi, para distributor dan kios harus sesuai dengan prinsip 6T, yakni tepat jenis, tepat jumlah, harga, tempat, waktu, dan mutu,” terang dia.

Selain itu, diungkapkan Cak Thoriq, bahwa Pemerintah Pusat melalui Permentan Nomor 10 Tahun 2022 menjadi langkah strategis pemerintah yang diambil untuk mengoptimalkan penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani, agar mampu mendorong optimalisasi hasil pertanian, menjaga ketahanan pangan, dan meningkatkan kesejahteraan petani. Langkah dan kebijakan ini juga diambil agar produk hasil pertanian Indonesia terutama yang memiliki kontribusi terhadap inflasi bisa terus terjaga.

Adapun jenis pupuk bersubsidi diperuntukan bagi sembilan komoditas pangan pokok dan strategis diantaranya, komoditas padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kopi, dan kakao.

Ia menambahkan, bahwa saat meninjau Gudang Pupuk Lini III Lumajang-Rowokangkung, stok pupuk aman selama periode tanam Oktober 2022 hingga Maret 2023. Dari penuturan penjaga gudang diterangkan bahwa stok gudang hingga 29 November 2022 tercatat 250 ton pupuk subsidi di gudang dan siap didistribusikan. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan