Wabup Launching FRC dan FOKAL untuk Cegah dan Kendalikan Kecurangan dalam Birokrasi
30 November 2022 | Dilihat 278 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan efektivitas pengendalian kecurangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Inspektorat Daerah membangun dan mengembangkan sistem Fraud Risk Control (FRC) dan Forum Komunikasi Pengawasan Lumajang (FOKAL).

Inovasi tersebut di Launching Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) bersamaan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan (RAKORWAS) Tahun 2022, yang digelar oleh Inspektorat Kabupaten Lumajang, di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Selasa (29/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan pemerintahan butuh perhatian dan keseriusan di semua tingkat, mulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan, sampai tingkat pemerintah desa.

"Saya yakin semua sudah berupaya maksimal untuk menuju wilayah birokrasi yang bersih dan melayani. Oleh karena itu, tentu ini didukung oleh sistem dan dibantu oleh teknologi," ujarnya.

Wakil Bupati Lumajang mengapresiasi Inspektorat Kabupaten Lumajang atas dilaunchingnya inovasi FRC dan FOKAL.

Dikutip dari laman resmi www.kpk.go.id, Fraud Risk Control (FRC) merupakan pengembangan atau eksalasi dari MCP KPK, karena MCP KPK hanya menyangkut beberapa perangkat daerah saja dan belum menjangkau unit paling bawah (sekolah, desa, dst).

Jenis-jenis FRC yang ada dan masih terus disempurnakan adalah FRC Perangkat Daerah, FRC Desa (uji coba), FRC Sekolah (proses distribusi alun), FRC Unit (Pasar/Puskesmas, proses pengembangan indikator), dan FRC Tematik.

Sementara itu, Forum Komunikasi Pengawasan Lumajang (FOKAL) terbentuk karena kebutuhan adanya pengawasan terintegrasi dan berkolaborasi dari setiap level pengawasan tersebut dengan pengawasan level III (APIP), tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pengawasan dengan menjalin koordinasi dan komunikasi bersama seluruh stakeholder sesuai kewenangan dan ketentuan. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan