Selamat, Tiga Sekolah di Lumajang Jadi Sekolah Adiwiyata Nasional
02 Desember 2022 | Dilihat 223 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Tiga sekolah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dinobatkan menjadi sekolah adiwiyata nasional. Ketiganya adalah SMPN 1 Ranuyoso, SMPN 1 Jatiroto, dan SMPN 1 Pasirian.

"Selamat atas ditetapkannya SMPN 1 Ranuyoso, SMPN 1 Jatiroto, dan SMPN 1 Pasiriansebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional tahun 2022," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (1/12/2022).

Hertutik juga menyampaikan, bahwa ketiga sekolah tersebut dinobatkan sebagai sekolah Adiwiyata karena mampu memenuhi kriteria diantaranya, pengelolaan sampah, kebersihan, sanitasi, dan drainase. Kemudian, konservasi air & energi, inovasi di bidang hingkungan hidup serta penanaman & pemeliharaan pohon/tanaman yang menjadi item penilaian sekolah adiwiyata.

Lanjut dia, dalam kegiatan penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan Mandiri Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian LHK mulai Juli 2022, Lumajang mengusulkan beberapa sekolah dengan mengirimkan dokumen.

"Kemudian dianjutkan dengan tahap verlap, dimana dilakukan secara sampling hanya beberapa Kab/Kota di setiap provinsi hingga akhirnya ditetapkan 3 sekolah peraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional, yakni SMPN 1 Ranuyoso, SMPN 1 Jatiroto, dan SMPN 1 Pasirian," katanya.

Ia menambahkan, bahwa Adiwiyata adalah penghargaan yag diberikan oleh pemerintah kepada sekolah, yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah. Penghargaan adiwiyata sendiri dilaksanakan berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan mandiri.

"Harapan semakin banyak di Kabupaten Lumajang sekolah yang berwawasan lingkungan," harapnya. (DLH, Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan