Kadis Kominfo Lumajang : Semua Kebijakan dan Program Pemerintah Desa Bisa Diinformasikan melalui KIM
01 Desember 2022 | Dilihat 137 kali | Penulis Hendri . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sinergisitas antara Dinas Kominfo dan Pemerintah Desa sangat diperlukan untuk perkembangan kelompok informasi masyarakat (KIM), yang menjadi mitra kerja pemerintah dalam mendiseminasikan informasi pembangunan di tingkat desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang, Paiman dalam acara Dialog Interaktif di Radio Swara Semeru Lumajang, Jawa Timur, Rabu (30/11/2022).

Menurut Paiman, KIM adalah rumah besar, yang mana sebagian besar kegiatan atau program yang ada di desa bisa menjadi sumber informasi yang dikelola oleh KIM. Oleh karena itu, diperlukan adanya kerja sama antara Diskominfo dan Pemerintah Desa, agar KIM dapat aktif.

"KIM seperti Diskominfo yang ada di desa. Jadi, semua program atau kebijakan pemerintah desa bisa diinformasikan melalui KIM desa. Untuk itu, diharapkan pemerintah desa dan KIM juga dapat berkomunikasi secara intens, agar informasinya bisa disampaikan kepada publik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumbersari Adi Samaludin menerangkan, bahwa suksesnya KIM Desa Sumbersari merupakan hasil dari komunikasi aktif dan pembinaan dari Diskominfo dan perangkat desa. Selain itu, kepala desa mempunyai peran penting dalam perkembangan KIM di desa.

"Komunikasi kita terus jalin, antar warga dengan warga lain, dan juga perangkat. Ini yang kami upayakan dan kami fasilitasi agar KIM dapat berjalan dengan baik karena mereka menghasilkan sesuatu yang positif," terang dia.

Sementara, Ketua KIM Desa Sumbersari, Luluk Sampurno juga menjelaskan, bahwa faktor lain yang membuat KIM dapat berjalan adalah keaktifan anggotanya untuk menggali informasi yang ada di desa. Selain itu, perlu adanya kesadaran dari masing-masing anggota untuk melaksanakan tugas KIM dengan baik.

"Kami sering berkoordinasi antar anggota, dan sering berkoordinasi dengan kepala desa. Kades telah memberikan fasilitas kepada kami. Tentu kami harus tetap berjalan. Sesukses apapun desa kita, tanpa ada informasi yang kita publikasikan, pasti warga tidak akan tahu," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Hendri)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan