Cegah Stunting, Wabup Lumajang Imbau Orang Tua Berikan Asupan Gizi yang Baik pada Anak
02 Desember 2022 | Dilihat 148 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) mengimbau kepada para orang tua untuk terus mengontrol pola makan anak, dengan cara memberikan asupan gizi yang baik.

Menurutnya, asupan gizi yang baik juga diasumsi menjadi pondasi untuk mencegah terjadinya stunting pada anak-anak.

"Jadi mulai sejak dini itu harus terus diberi tahu, karena mereka adalah generasi muda harapan kita semua, apalagi secara nasional kasus stunting itu masih ada," ujar dia saat dimintai keterangan usai menghadiri kegiatan Gerakan Gemar Minum Susu, Makan Daging dan Telur, di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Jumat (2/12/2022).

Bunda Indah juga menyampaikan, bahwa kandungan gizi pada susu, daging dan telur sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak agar tetap optimal untuk mendukung kematangan fungsi organ tubuh.

"Ini harus mulai dibudayakan, anak-anak harus suka minum susu, daging dan telur, sebab ini penting sekali, karena anak-anak sekarang kalau tidak diarahkan mereka akan makan dengan jajanan yang mereka sukai, dan itu kadang jajanan itu tidak bermanfaat untuk tubuhnya," katanya.

Itu sebabnya, Bunda Indah mengharapkan, agar para orang tua, serta guru pendidik di Lumajang dapat terus memantau makanan-makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak.

"Harapannya, anak-anak dapat terpantau oleh orang tua dan guru soal makanan, tidak boleh jajan sembarangan yang itu kadang minyaknya kurang sehat serta kondisi kebersihan makanan kurang terjamin," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Hairil Diani mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Festival Tani 2022 dalam rangka memperingati Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-767.

"Ini merupakan rangkaian dari Festival tani yang diikuti 290 anak didik yang tersebar pada tiga sekolah, diantaranya SDN 01 Ditotrunan Lumajang, MI kota dan PAUD/TK Sakinah," ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa gerakan minum susu tersebut juga bertujuan untuk mengedukasi anak-anak usia dini untuk gemar mengkonsumsi makanan yang sehat.

"Saya berharap kita bisa memberikan edukasi dini kepada anak-anak untuk meningkatkan gemar minum susu, daging serta telur," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan