Pemkab Lumajang Upayakan Percepat Penempatan Hunian Relokasi
07 Desember 2022 | Dilihat 274 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan mengupayakan warga terdampak erupsi yang belum mendapatkan hunian relokasi segera menempati di Bumi Semeru Damai, Sumbermujur.

"Kamis akan rapat untuk membahas supaya yang belum dapat hunian relokasi supaya cepat menempati," ungkap Bupatu Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat berdialog dengan pengungsi di SDN Supiturang 04 Lumajang, Selasa (6/12/2022).

Cak Thoriq juga mengungkapkan, berdasarkan data dari BPBD Lumajang, masih ada sekitar 103 KK di Sumbersari Supiturang yang belum mendapatkan hunian relokasi.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengusahan agar ada percepatan sehingga pengungsi dapat segera menempati hunian yang lebih layak.

"Tetapi yang harus dipahami yang pecah KK sebelum erupsi tidak semua dapat, yang dapat adalah KK induk pertama kali sebelum erupsi ada, jadi kalau misalkan bapaknya sudah dapat anaknya pecah kk nanti tidak dapat," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Cak Thoriq juga menegaskan, bahwa tempat relokasi di BSD Sumbermujur merupakan zona hijau sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam peta Kawasan Rawan Bencana

"Di Sumbermujur ini aman, tidak termasuk di turunannya APG, jadi kalau ada erupsi ataupun lava, jalurnya tidak ke Sumbermujur. Kalau ada yang berpikiran Sumbermujur tidak aman itu salah," tegasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan