Forum Konsultasi Publik Jadi Wadah Komunikasi untuk Temukan Solusi Permasalahan
08 Desember 2022 | Dilihat 366 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Forum Konsultasi Publik merupakan wadah komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan yang ada.

"Tempat berkomunikasi, tempat berinteraksi, permasalahan banyak tetapi insya allah ada solusi," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Paiman saat membuka Forum Konsultasi Publik, bertempat di Ruang Rapat Khresna Kantor Diskominfo Lumajang, Kamis (8/12/2022).

Paiman juga menyampaikan, bahwa tujuan Forum Konsultasi Publik untuk memperoleh pemahaman hingga solusi antara penyelenggara pelayanan dan masyarakat, menyusun perbaikan berdasarkan pembahasan yang dilakukan dengan penggunaan layanan. Sehingga nantinya ada keselarasan antara kemampuan penyelenggara pelayanan dengan keinginan pengguna layanan

"Bagaimana menyusun perbaikan berkenaan dengan fungsi pelayanan kita sebagai pelayan masyarakat," katanya.

Selain itu, disampaikan Paiman, bahwa forum konsultasi publik merupakan suatu cara untuk melibatkan partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam merumuskan peraturan atau kebijakan.

Menurutnya, selain untuk mendapatkan masukan dan saran dari publik terhadap prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah, forum konsultasi publik juga merupakan sarana menyerap aspirasi sekaligus menyinkronkan keinginan masyarakat dengan kebijakan pemerintah daerah.

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut bukan hanya perangkat daerah yang dilibatkan dalam forum ini namun juga melibatkan masyarakat yang diwaki oleh awak media dan fans radio.

"Sebagaimana fungsi pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengenai penanganan pengaduan akan kita komunikasikan melalui forum ini," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan