Lumajang Diklaim sebagai Penghasil Kayu Sengon Terbesar di Jatim
20 Desember 2022 | Dilihat 138 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kabupaten Lumajang merupakan salah satu wilayah penghasil kayu sengon atau albasia terbesar di Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) saat menerima Mahasiswa KKN Tematik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (19/12/2022).

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa dari 179.000 hektare (ha) luas wilayah Kabupaten Lumajang, sekitar 33 persen merupakan hutan negara, kemudian 32,6 persen tercatat sebagai hutan rakyat.

Selain itu, dari angka persentase luas hutan rakyat atau setara kurang lebih 50.000 ha, sebagian besar juga telah ditanami kayu sengon.

"Sekitar 50.000 hektare, kita memiliki hutan rakyat yang sebagian besar ditanami kayu sengon atau albasia," terang dia

Selain itu, diungkapkan Bunda Indah juga, bahwa saat ini Lumajang telah memiliki sekitar 120 industri pengolahan kayu, bahkan sebagian industri juga sudah menembus pasar ekspor.

"Kita memeliki industri pengolahan kayu itu sekitar 120 an, ada ekspor serta ada yang memenuhi kebutuhan lokal," jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa 60 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Lumajang bermata pencaharian petani, baik tanaman hortikultura seperti kopi, buah-buahan serta beberpa pertanian pangan lainnya.

"Jadi 60 persen penduduk Kabupaten Lumajang bermata pencaharian petani, utamanya di wilayah Kecamatan senduro yang berbasis pertanian, dan petaninya lengkap disana, mulai hortikultura, peternakan serta petani pangan lainnya," imbuhnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan