Ciptakan Wilayah Aman saat Nataru, Tiga Pilar Lumajang Apel Gelar Ops Lilin Semeru 2022
22 Desember 2022 | Dilihat 167 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Dalam rangka menciptakan wilayah aman dan kondusif bagi masyarakat saat perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, Tiga Pilar (TNI, Polri, dan Pemda) Kabupaten Lumajang Lumajang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru 2022, bertempat di Halaman Mapolres Lumajang, Kamis (22/12/2022) pagi.

Mengusung tema "Kepolisian resor Lumajang yang bersinergi dengan instansi terkait, siap melaksanakan pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 di Wilayah Kabupaten Lumajang".

Dalam amanatnya, Kepala Kepolisian RI, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menyampaikan, bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana dan prasarana.

"Diharapkan pengamanan dapat terselenggara dengan optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan dengan kondusif," ujar dia.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata.

Oleh karena itu, peningkatan aktivitas masyarakat dapat berpotensi antara lain menimbulkan gangguan kamtibmas dan gangguan kamseltibcar lantas.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk senantiasa mewaspadai penyebaran covid-19 yang saat ini masih menjadi pandemi. Sementara personel yang bertugas juga harus mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman

“Tanamkan pada diri bahwa apa yang kita lakukan merupakan pengabdian kepada masyarakat dan bernilai ibadah, semoga Tuhan yang maha Esa senantiasa memberikan petunjuk” katanya.

Diluar teks, Kapolres Lumajang berterima kasih kepada personel dan stakeholder yang sudah mengikuti kegiatan apel gelar pasukan. "Mudah-mudahan dalam pelaksanaan mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023, kita semua siap sedia memberikan pengamanan," ujarnya.

Adapun pos pelayanan dan pengamanan yang sudah disiapkan ada 4, yakni pos pelayanan (quick respon pos) di pasar baru. Sedangkan pos pengamanan ada di 3 wilayah, wilayah utara di Wates Wetan (Pasar Gedang Ranuyoso), wilayah timur di Sukosari dan wilayah selatan di Candipuro.

Kegiatan yang rutin digelar setiap menjelang akhir tahun ini diikuti antara lain oleh personil TNI-POLRI, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), perwakilan Security dan Pramuka. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan