Pemerintah Berikan Bantuan Alat Produksi dan Kemasan untuk IKM di Lumajang
26 Desember 2022 | Dilihat 129 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mendapatkan bantuan alat produksi dan kemasan.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Lumajang, Hari Susiyati, di Aula Warung Pondok Asri, Lumajang, Senin (26/12/2022).

Hari Susiyati mengungkapkan, bahwa salah satu peran pemerintah untuk mengembangkan IKM dan UKM adalah memberikan dukungan dalam bentuk pemberian bantuan, fasilitasi dan perlindungan kepada para pelaku IKM dan UKM.

"Ini merupakan salah satu peran pemerintah dalam membangkitkan IKM, dengan pemberian batuan, fasilitasi dan perlindungan kepada UKM dan IKM akan membangkitkan perekonomian kita," ungkapnya.

Dirinya berharap kegiatan yang dilakukan Dinkopindag tidak hanya tertuju kepada beberapa pelaku saja, melainkan juga untuk semua pelaku IKM dan UKM secara menyeluruh di Kabupaten Lumajang.

"Saya berharap pembinan memang diberikan secara bertahap, tidak terus menerus tapi dilakukan secara bergantian agar merata peruntukannya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Suharwoko mengatakan, bahwa banyak kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas IKM dan UKM di Kabupaten Lumajang. Termasuk memberikan pelatihan dan sejumlah fasilitasi pengurusan dokumen usaha.

"Banyak sekali kita lakukan pelatihan untuk teman-teman pelaku IKM, kita juga melakukan fasilitasi pembuatan NIB dan pendaftaran merk, uji nutrisi dan produk halal," katanya.


Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah tidak akan maksimal jika pelaku IKMnya tidak melakukan upaya dari internal untuk mengembangkan usahanya.

"Bagaiamana untuk mengembangkan diri sendiri, kami pemerintah sudah melakukan pendampingan untuk para pelaku IKM," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan