Segoro Topeng Kaliwungu Berhasil Hipnotis Pengunjung Pantai Watu Pecak Lumajang
25 Juni 2023 | Dilihat 682 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sebanyak 500 penari Topeng Kaliwungu dan 50 Jaran Kencak memberikan suguhan pertunjukan spektakuler pada gelaran South Beach Festival Segoro Topeng Kaliwungu, yang diselenggarakan di Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang, Minggu (25/6/2023).

Segoro Topeng Kaliwungu merupakan event penutup yang digelar dalam rangkaian South Beach Festival yang berlangsung sejak 23-25 Juni 2023.

Saat acara tersebut, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengungkapkan, bahwa pertunjukan 500 penari topeng kaliwungu dan 50 jaran kencak berlatar belakang view Pantai Watu Pecak merupakan persembahan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk masyarakat.

“Ini persembahan kami untuk masyarakat Kabupaten Lumajang, semoga ini menjadi event yang bisa mendunia, membangkitkan pariwisata di Kabupaten Lumajang, dengan pertunjukan spektakuler kesenian Lumajang yaitu Topeng Kaliwungu,” ungkapnya.

Kegiatan dibuka dengan opening Ceremony, kemudian dilanjutkan dengan penampilan parade 50 Jaran Kencak dan sejumlah penari kopyah pengiring. Selanjutnya, penampilan kolosal Kidung Katresnan dan dilanjutkan dengan penampilan 500 penari topeng kaliwungu.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Ghozali warga Desa Boreng, Kecamatan Lumajang mengatakan, bahwa masyarakat sangat antusias menikmati pertunjukan tersebut.

“Sangat bagus sekali ini, mudah-mudahan nanti ada lagi,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan