Festival Danglung Kreasi Lestarikan Kesenian Khas Lumajang
02 Juli 2023 | Dilihat 802 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Sejumlah peserta terlihat memainkan alat tradisional pada Festival Danglung Kreasi 2023, di Lapangan Desa Klanting Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Sabtu (1/7/2023) malam.

Musik Danglung adalah kesenian tradisional khas Lumajang yang sudah dikenal sejak tahun 50-an, kesenian tersebut merupakan perpaduan dari etnis Jawa dan Madura

Saat membuka acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Lumajang, Paiman berpesan, agar generasi muda terus melestarikan Kesenian Danglung yang memiliki nuansa kearifan lokal, karena kesenian yang merupakan perpaduan dari etnis Jawa dan Madura tersebut telah menjadi kesenian khas Kabupaten Lumajang.

"Saya harap dengan adanya festival seperti ini generasi muda di Kabupaten Lumajang bisa terus menjaga dan melestarikan kesenian khas Kabupaten Lumajang," harapnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemuda Desa Klanting yang sudah menggelar acara festival tersebut. Hal itu dinilainya sebagai salah satu cara untuk tetap melestarikan Kesenian Danglung.

Sekedar diketahui, ciri khas dari Kesenian Danglung adalah terdapat beragam instrumen seperti Gong, Kendang, Saronen, Kentongan, Jidor, dan Gamelan. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan