e-Pajak Pasir Jadi Inovasi untuk Mengantisipasi Kebocoran PAD Kabupaten Lumajang
10 Juli 2023 | Dilihat 909 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

e-Pajak Pasir merupakan inovasi yang dilakukan merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur untuk mengantisipasi kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari aktivitas pertambangan pasir di Lumajang.

"Tentunya, harapan kami Pemkab Lumajang bersama dengan Pemprov Jatim dan Bank Jatim bisa mengoptimalkan sinergisitas ini, sehingga bisa dikembangkan untuk lebih baik lagi," ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat mendampingi Gubernur Jatim meninjau proses Tap-in e-Pajak Pasir di Stockpile Terpadu Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Minggu (9/7/2023).

Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa sebelum ada Stockpile Terpadu sering terjadi kebocoran pajak yang mana setiap bulannya, pajak yang diterima rata-rata sekitar Rp400 juta. Namun, setelah adanya Stockpile Terpadu, saat ini setiap bulan pajaknya mencapai Rp2 miliar.

"Jadi dulu betul ada kebocoran, dan sekarang terus kita tingkatkan pengelolaannya supaya tidak tambah bocor, karena ini bisa menjadi PAD," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan