Dodolan Kampung Jadi Alternatif Wisata Kuliner di Area Perkotaan
21 Juli 2023 | Dilihat 671 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati mengatakan, bahwa Inovasi "Dodolan Kampung" yang digagas oleh RW 005, Kelurahan Ditotrunan, menjadi salah satu pilihan alternatif yang cocok bagi masyarakat untuk berwisata di dalam kota.

Kegiatan yang diagendakan setiap hari Minggu itu, dibuka mulai pukul 06.00 WIB.

"Ditotrunan ini memang memiliki potensi sebagai kampung wisata. Kemudian, Dodolan kampung merupakan satu inovasi yang jadi pilihan bagi masyarakat untuk berwisata di dalam kota," kata dia saat dikonfirmasi melalu telepon selulernya, Jumat (21/7/2023).

Menurut Yuli Haris, hal yang menarik dalam kegiatan itu, yakni dikemas menggunakan konsep tradisional, baik dari sisi pakaian yang dikenakan oleh para penjual hingga makanan-makanan yang disajikan.

"Semuanya aneka makanan yang disediakan atau dijual adalah makan-makanan kampung, kemudian yang jualan itu juga menggunakan pakaian tradisional. Itu akan menjadi daya tarik tersendirilah," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa pemerintah akan mendukung Dodolan Kampung sebagai salah satu tempat tujuan wisata kota. Selain itu, pihaknya juga akan mengusulkan RW 005 di East Java Tourism Award.

"RW 005 ini akan kami usulkan di East Java Tourism Award. Salah satunya karena potensinya yang memang ini menjadi bagian dari wisata kota, kemudian salah satu yang lain yang harus kami sentuh adalah ini nanti akan menjadi tujuan wisata kota," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan