Hadiri Pelantikan IPSI, Bupati Lumajang Harapkan Muncul Atlet Silat Berprestasi
04 Maret 2023 | Dilihat 433 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Terlantiknya pengurus kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit atlet berprestasi di Lumajang.

"Ayo semangat, ini menjadi tantangan untuk pencak silat, tidak sekedar perguruan silat, akan tetapi menjadi perguruan silat yang mempunyai prestasi," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat memberikan arahan dalam acara Pelantikan Pengurus IPSI Lumajang masa bakti 2023-2027, bertempat di Graha Nagara Bhakti Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Sabtu (4/3/2023).

Bupati juga mengatakan, bahwa pemerintah akan mendukung penuh IPSI dalam mengembangkan olahraga pencak silat. Bahkan, dirinya optimis Lumajang bisa memiliki atlet berprestasi yang siap berlaga di kancah nasional maupun regional.

"Pemerintah akan terus respon bagaimana prestasi ini bisa terus ditingkatkan," ujarnya.

Selain itu, Pemerintah juga berencana akan mengeluarkan Suret Edaran (SE) mengenai pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat dimasing-masing sekolah, khususnya yang berada dibawah naungan pemerintah daerah.

"Langkah-langkah kami, yaitu menyarankan masing-masing sekolah nantinya ada ekstrakurikuler pencak silat," terang dia.

Menurut Cak Thoriq, ekstrakurikuler tersebut, juga akan menjadi tolok ukur untuk memunculkan bibit-bibit atlet pencak silat yang berpotensi menyumbangkan prestasi bagi Lumajang.

Ia menambahkan, bahwa dirinya juga berkeinginan agar pelatih perguruan silat di Lumajang, nantinya juga menjadi bagian dari ekstrakurikuler yang ada di masing-masing sekolah.

"Saya berkeinginan nanti perguran untuk hadir di sekolah maupun lembaga pendidikan sebagai bagian dari ekstrakurikuler," imbuhnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan