Program Soko Guru, Wujudkan Keharmonisan Antar Perguruan Silat di Lumajang
04 Maret 2023 | Dilihat 371 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengapresiasi program Soko Guru (Sowan dan Komunikasi Antar Perguruan) yang telah diinisiasi oleh Polres Lumajang. Ia menilai, hadirnya program tersebut, bisa lebih mempererat terjalinnya keharmonisan antar perguruan.

"Jadi keharmonisan, kekeluargaan betul-betul terbangun dan terjaga, itu menjadi harapan kita bersama," kata dia saat memberikan arahan dalam acara Pelantikan Pengurus IPSI Lumajang masa bakti 2023-2027, di Graha Nagara Bhakti Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Sabtu (4/3/2023).

Menurut Cak Thoriq, dalam program tersebut, masing-masing perguruan bisa saling berkomunikasi, dialog dan bertukar fikiran.

"Program ini menjadi bagian dari kebersamaan untuk saling komunikasi, dialog antara forkopimda, serta perguruan-perguruan silat di Lumajang," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Boy Jeckson Situmorang mengungkapkan, bahwa tujuan utama program tersebut, yaitu untuk menciptakan iklim keharmonisan antar perguruan silat di Lumajang.

"Program ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan menjalin komunikasi antar perguruan silat di Lumajang, sehingga ada tumbuh rasa sayang dan cinta antar perguruan, dan tidak memunculkan egosektoral antar perguruan yang menimbulkan perkelahian dan tawuran," ungkapnya.

Selain itu, cara kerja program tersebut, yaitu mempertemukan perguruan-perguruan silat untuk saling berkomunikasi, baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan hingga ditingkat desa.

"Jadi Forkopimda, baik Pemerintah, TNI maupun Polri tiap dua bulan atau tiga bulan akan mengundang seluruh perguruan tingkat kabupaten untuk berkomunikasi. Tapi dibawahnya, yaitu tingkat kecamatan dan desa, saya harapkan satu bulan sekali agar perguruan disana bisa komunikasi dan sering," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan