Dua Tarian Khas Lumajang Tampil Gemilang pada Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2023
08 Maret 2023 | Dilihat 568 kali | Penulis Fen, Ydc . Redaktur Anam
Foto : Dok. Disarpus-lmj

Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2023 yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Hotel Pullman Jakarta, 6-7 Maret 2023, dengan tema "Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Kesejahteraan, Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi COVID-19.

Saat dimintai keterangan melalui telepon selulernya, Rabu (8/3/2023), Aparatur Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Wahyuni Endah Warni menerangkan, bahwa dalam acara yang dilaksanakan oleh Perpusnas RI, Kabupaten Lumajang suguhkan Seni Budaya Khas Kabupaten Lumajang yaitu Tari Topeng Kaliwungu dan Tari Godril.

Lanjut dia, tarian yang diberi judul Swarna Lumajang tersebut menyajikan kolaborasi dua kesenian tradisional yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat.

"Tarian ini sangat berharga bagi masyarakat Lumajang terutama wilayah Bromo, Tengger, dan Semeru, yaitu Topeng Kaliwungu dan Godril. Kesenian yang muncul, tumbuh, dan berkembang menghiasi khazanah kebudayaan, memberi warna indah bagi karakter masyarakat Lumajang,” terang dia.

Selain itu, diterangkan Wahyuni, bahwa para penari yang tampil pada acara Rakornas tersebut adalah guru seni tari SMAN 1 dan SMAN 2 Lumajang serta seorang mahasiswa yang satu tahun terakhir menjadi relawan pengajar kelas tari di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, serta peduli dan mau membagikan ilmunya pada generasi muda agar kesenian khas Lumajang ini tetap lestari dan bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Tarian ini menggambarkan masyarakat yang guyub rukun ramah tamah dalam kegembiraan, tegas dalam sikap, dan tegar dalam menghadapi gelombang kehidupan. Topeng Kaliwungu ini juga telah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda kebanggaan Lumajang," jelasnya.

Rakornas Bidang Perpustakaan kali ini dihadiri oleh beberapa kementerian selaku Pemangku kebijakan diantaranya, Kemenparekraf, Kemendikbudristek, Kemendes, Bappenas, Kemenkeu, dan Kemendagri. (Kominfo-lmj/Fen/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan