Kini Pisang Mas Kirana Lumajang Sudah Bersertifikat Internasional
11 Maret 2023 | Dilihat 634 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pisang Mas Kirana merupakan salah satu produk unggulan hasil pertanian yang menjadi unggulan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Menurut Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq), nama Kirana diambil dari nama salah satu Raja Kerajaan Lamadjang Tigangjuru yaitu Narariya Kirana. Pisang Mas Kirana sudah dibudidayakan dan ditanam secara turun menurun oleh masyarakat Lumajang, terutama di wilayah Kecamatan Senduro, Pasrujambe, Gucialit dan Tempursari.

"Pisang Mas Kirana sudah dibudidayakan secara turun temurun. Asal nama Kirana diambil dari nama raja Lumajang yang bernama Narariya Kirana," ungkap dia saat diskusi terkait produk hasil pangan di Buper Glagah Arum Lumajang, Sabtu (11/3/2023).

Cak Thoriq juha mengungkapkan, bahwa Pisang Mas Kirana juga ditetapkan sebagai varietas unggul nasional berdasarkan SK Menteri Pertanian Tahun 2005.

"Pisang Mas Kirana merupakan produk unggulan nasional yang menjadi kebanggaan Kabupaten Lumajang yang telah ditetapkan oleh Keputusan Menteri Pertanian tahun 2005," terangnya.

Sampai saat ini Pisang Mas Kirana sudah mendapatkan beberapa Sertifikasi Produk, diantaranya, Sertifikasi Prima 3 yang dikeluarkan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Jawa Timur.

Kemudian, Sertifikasi Global GAP, dan itu merupakan Sertifikat Internasional yang berlaku di seluruh Dunia untuk keamanan produk dan dikeluarkan oleh Control Union Certification dari Belanda dan Sertifikasi Organik dari Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik Indonesia. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan