Gerakan Sekolah Mengaji Dinilai Mampu Beri Manfaat dan Nilai Lebih bagi Pelajar di Lumajang
15 Maret 2023 | Dilihat 406 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) dinilai dapat membuat para siswa dapat menghafal Al-Qur.'an dengan baik.

"Tadi saya tanyai, ada yang kelas sembilan, delapan dan tujuh. Bahkan, yang kelas tujuh juga sudah ada yang tahfidz. Ini luar biasa sekali," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat memberikan arahan dalam Wisuda Tahfidz Juz 30 dan Khotmil Qur.'an Angkatan Pertama 2023 SMP Negeri 5 Lumajang, di Jl. Sastrodikoro No. 128 Citrodiwangsan Lumajang, Rabu (15/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq juga mengapresiasi para ustadz yang telah berkontribusi memberikan pemebelajaran Al-Qur.'an kepada siswa SMPN 5 Lumajang.

"Atas nama pemerintah kami memberikan rasa hormat yang mendalam bagi para uztadz yang memberikan pembalajaran-pembelajaran mengaji di SMPN 5 Lumajang," ujar dia.

Menurut Cak Thoriq, Gerakan Sekolah Mengaji mampu memberikan manfaat serta nilai lebih bagi para siswa, utamanya pemahaman akan membaca, serta menghafal Al-Qur.'an.

"Hari ini, kita bisa menyaksikan langsung anak-anak yang telah berhasil meraih pendidikan gerakan sekolah mengaji," terang dia

Ia menambahkan, bahwa pemerintah telah menetapkan GSM menjadi Intrakulikuler di masing-masing sekolah, khususnya jenjang SD dan SMP.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Lumajang, Isnentin mengungkakan, bahwa pihaknya telah mewisuda sebanyak 630 siswa per-15 Maret 2023. Dengan rincian, tahfidz sejumlah 33 siswa dan khotmil tercatat 55 siswa.

"Yang kami wisuda tahfidz yaitu 33 siswa, sementara khotmil Qur.'an 55 siswa," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah bekerj asama dengan sejumlah ustadz dan ustadzah untuk memberikan pembelajaran Al-Qur.'an kepada para siswa, utamanya tahfidz dan khotmil Qur.'an.

"SMPN 5 Lumajang telah bekerjasama dengan 20 ustadz dan ustadzah yang membimbing anak-anak menuju Tahfidz dan Khotmil Qur'an," imbuhnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan