Komisi Disabilitas Nasional Apresiasi Pemkab Lumajang Urusan Hak Difable
16 Maret 2023 | Dilihat 379 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menerima audiensi Komisi Nasional Disabilitas di Ruang Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, Kamis (16/3/2023). Dalam kesempatan itu dibahas beberapa isu terkait disabilitas.

Di Kabupaten Lumajang, kurang lebih ada sekitar 4.468 penyandang disabilitas sudah terjangkau program pemerintah. Dimungkinkan, masih ada beberapa disabilitas yang belum terdata. Pemerintah Kabupaten Lumajang terus mengakomodir segala kebutuhan untuk menjamin hak penyandang disabilitas.

"Kita sering libatkan teman-teman disabilitas dalam program pemerintah. Beberapa sekolah disablitas juga kita coba untuk berkomunikasi tentang anak-anak didik perkembangannya. Kami Pemkab Lumajang dibeberapa tempat umum juga menyiapkan fasilitas khusus untuk teman-teman disabilitas," ungkapnya.

Selain itu, diungkapkan Bunda Indah, bahwa saat ini pemerintah juga telah menyusun Raperda untuk memastikan hak-hak penyandang disabilitas terpenuhi.

Sementara itu, Ketua Komisi Disabilitas Nasional, Dante Rigmalia menyampaikan, bahwa kedatangannya ke Kabupaten Lumajang dalam rangka ingin mengetahui peran pemerintah daerah dalam mendukung kemandirian penyandang disabilitas. Beberapa harapan juga disampaikan dalam pertemuan tersebut.

"Prioritas KND yang akan kami mohonkan, mengeliminir stigma ke disabilitas sehingga berpengaruh pada pemenuhan hak disabilitas, termasuk pendidikan, kesehatan, sosial, pekerjaan dan pendataan," ujarnya.

Dante pun mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lumajang yang telah mendukung dan memberikan hak-hak penyandang disabilitas sehingga memperoleh kedudukan yang sama sebagai warga negara. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan