Peran Masyarakat Jadi Poin Utama Jaga Kelestarian Sungai
19 Maret 2023 | Dilihat 429 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Peran serta masyarakat menjadi salah satu poin utama dalam menjaga kelestarian sungai menjadi tetap bersih.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat didampingi Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati dalam kegiatan kerja bakti bersama para warga, di Jalan Cut Nyak Dien atau Kampung Baru, Kelurahan Rogotrunan Lumajang, Minggu (19/3/2023).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan lingkungan agar tetap bersih dan terjaga, utamanya aliran sungai yang berada di Kampung Baru.

Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara tidak membuang limbah atau sampah sembarangan disepanjang aliran sungai.

"Saya harap masyarakat juga ikut menjaga kebersihan dengan tidak membung sampah ke sungai," katanya

Sementara itu, Lurah Rogotrunan, Ricky Dharma Putra mengungkapkan, bahwa dirinya sangat apresiasi atas partisipasi warga yang telah mengikuti kerja bakti disepanjang aliran sungai Kampung Baru.

"Alhamdulillah ini berjalan sukses kerja bakti di kali Kampung Baru. Tadi juga dihadiri langsung oleh bapak bupati dan ibu wakil bupati untuk turun langsung meninjau keadaan sungai," ungkapnya.

Dirinya mengaku, bahwa sungai tersebut sebelumnya kotor disertai dengan aliran yang dicemari pembuangan limbah.

Itu sebabnya, Ricky berharap agar nantinya masyarakat bisa lebih menjaga kebersihan sungai, sehingga bisa semakin bersih dan terjaga.

"Harapannya ke depan sungai kita semakin bersih dan masyarakat tinggalnya juga enak dan tidak bau, kemudian airnya juga bisa dimemanfaatkan oleh masyarakat," harapnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan