1.000 Bibit Pohon Sukun yang Tertanam di BSD, Diharapkan Punya Nilai Ekonomis bagi Penyintas Erupsi Semeru
20 Maret 2023 | Dilihat 384 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Lumajang melakukan penanaman bibit pohon Sukun, di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai (BSD) Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Minggu (19/3/2023).

Sedikitnya ada 1.000 bibit pohon dari program kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi Magister Manajemen Bencana Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga untuk masyarakat di Kawasan Relokasi BSD tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq berharap, agar penanaman bibit pohon sukun tersebut nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan memiliki nilai ekonomi.

"Kalau pohon sukun ini bisa berbuah, nanti harapannya masyarakat bisa memanfaatkan hasil buah sukun itu dengan baik agar punya nilai ekonomi, seperti membuat keripik sukun atau sukun goreng untuk dijual," ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Program Studi Magister Manajemen Bencana Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Christijogo Soemartono Waloejo menjelaskan, bahwa pihaknya memilih tanam pohon sukun karena memiliki akar yang kuat dan mengikat banyak air sehingga di sekeliling pohon sukun nantinya akan muncul banyak sumber air.

Lanjut dia, akar sukun yang lebarnya bisa mencapai belasan meter mampu merusak tembok. Untuk itu, dirinya berpesan kepada masyarakat agar tidak menanam bibit pohon di dekat rumah.

"Terima kasih kepada Bupati Lumajang, Kepala OPD terkait dan masyarakat semua yang ada di hunian relokasi, karena sudah memberikan kesempatan untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan