BPBD Lumajang Kenalkan Potensi Bencana Disekitar pada Anak Dengan Cara Menyenangkan
20 Maret 2023 | Dilihat 300 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Ratusan anak didik TK Muslimat NU se Kecamatan Pronojiwo diajak mengenal potensi bencana dalam kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Kebencanaan yang diselenggarakan Tim BPBD Kabupaten Lumajang di Halaman SMP Islam Pronojiwo, Senin (20/3/2023).

Diketahui, Kecamatan Pronojiwo menjadi salah satu wilayah yang paling terdampak jika terjadi bencana erupsi Gunung Semeru. Selain itu, usia anak TK menjadi kelompok rentan saat terjadi penting, untuk itu sangat penting mengenalkan potensi bencana sejak dini.

"Kegiatan sosialisasi dan Simulasi Kebencanaan sejak dini untuk 120 siswa TK Muslimat NU Pronojiwo dilakukan dalam rangka peningkatan pengetahuan sejak dini agar anak selalu siap dalam menghadapi bencana," terang Kasubid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lumajang, Amni Najmi.

Sementara, Tim Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang, Kustari Sumardi menjelaskan, bahwa metode sosialisasi untuk anak tidak jauh berbeda dengan materi sosialisasi pada umumnya, hanya saja banyak pemutaran video animasi agar anak-anak mudah menerima materi yang diberikan.

Selain itu, materi juga diberikan dengan cara yang menyenangkan agar anak-anak tidak bosan.

"Simulasi Kebencanaan dilakukan bersama adik adik, ketika terjadi bencana, cara berlindung, cara menyelamatkan diri, dan cara berkumpul. Ini kita kemas yang lebih fun untuk adik-adik," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, BPBD Kabupaten Lumajang juga memberikan box berisi alat edukasi kebencanaan kepada siswa TK Muslimat NU Pronojiwo. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan