12.000 Penduduk di Lumajang telah Menikmati Fitur Administrasi Kependudukan dalam Genggaman
29 Maret 2023 | Dilihat 697 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Hingga saat ini, ada sekitar 12.000 penduduk di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui ponsel berbasis Android yang dimilikinya.

“Dari hasil data rekap aktivasi IKD per 28 Maret 2023, sekitar 12.000 penduduk di Lumajang telah melakukan aktivasi identitas kependudukannya secara digital melalui ponsel berbasis android yang dimilikinya, sehingga ke depan masyarakat bisa menikmati kemudahannya,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang, Agus Warsito Utomo saat dimintai keterangan melalui telepon selulernya, Rabu (29/3/2023).

Agus juga menyampaikan, bahwa Aplikasi Identitas Kependudukan Digital merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 tahun 2022, yang mana aplikasi tersebut untuk mentransformasikan bentuk fisik e-KTP maupun dokumen adminduk lainnya ke digital, sehingga seluruh dokumen bisa langsung terkoneksi ke email.

“Jika mengaktivasi IKD, maka nantinya masyarakat akan mendapatkan berbagai kemudahan diantaranya, dapat mengakses dokumen kependudukan, jaminan kesehatan, NPWP dan sebagainya,” kata dia.

Selain itu, disampaikan Agus, bahwa sesuai data kependudukan per Desember 2022, Dispendukcapil Lumajang telah berhasil melakukan perekaman e-KTP sebanyak 837.997 jiwa, dari total wajib rekaman 847.529 jiwa penduduk.

Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarak Lumajang, khususnya yang telah memiliki ponsel berbasis android untuk melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital, sehingga ke depan masyarakat dapat menikmati kemudahan dalam mendapatkan layanan kependudukannya. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan