Antisipasi Laka Lantas saat Mudik Lebaran, Pemkab Lumajang Siagakan Tim Medis 24 Jam Non Stop
19 April 2023 | Dilihat 316 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Guna memberikan layanan kesehatan kepada para pemudik saat mudik lebaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menyiagakan sejumlah petugas medis dan unit ambulan di semua Pos Operasi Ketupat yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Kita sudah mejadwal petugas kesehatan untuk bersama teman-teman TNI Polri menjaga pos operasi ketupat yang sudah ditentukan, untuk standar pelayanan di pos nanti ada dua petugas medis, dirver ambulan, satu unit ambulan berikut obat-obatannya, nanti kita atur jadwalnya," terang Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Rabu (19/4/2023).

dr. bayu juga menerangkan, bahwa untuk memperlancar aktivitas pelayanan saat arus mudik nanti, pihaknya akan membekali para petugas kesehatan dengan sejumlah perlengkapan dan obat-obatan yang dibutuhkan.

Sementara, untuk mengantisipasi adanya korban laka lantas, pihaknya juga telah menyediakan tim khusus, yaitu Tim Public Safety Center (PSC) 119 yang bisa merespon dengan cepat setiap laporan darurat.

Menurutnya, Tim PSC tersebut sudah terintegrasi dengan seluruh UGD yang ada di seluruh faskes di Kabupaten Lumajang, sehingga penanganan untuk korban laka lantas bisa teratasi dengan cepat.

"Antisipasi korban lakalantas, semua ambulan harus standby ditambah dengan tim PSC kami nanti yang standby 24 jam yang semua konek dengan semua UGD di rumah sakit dan puskesmas," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Bayu mengimbau masyarakat yang akan melakukan mudik ataupun perjalanan jauh, selain menyiapkan kondisi kendaraan juga mengecek kesiapan fisiknya. Serta beristrahat saat mengantuk, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan